Loading...

Ciri - Ciri Orang Beriman Menurut Al - Qur'an

Iman adalah bagian penting dalam agama islam. Keimanan tentunya menjadi pembeda antara seorang muslim atau bukan. Tanpa ada keimanan kepada Allah dan Islam tentu manusia akan menjadi makhluk yang rapuh, sebagaimana rumah tanpa adanya pondasi yang kuat dan kokoh.



Dalam sebuah ceramah di Kanal Youtube Dkm Andalusia (27 Februari 2017), Ustadz Arijul Manan, S.Hi, M.Hi menjelaskan tentang ciri-ciri orang beriman menurut Al-Quran. Beliau mengutip sebuah ayat dalam surat al-Anfal yaitu ayat 2-3 berikut ini:

“Sesungguhnya orang-orang yang beriman itu adalah mereka yang apabila disebut nama Allah gemetarlah hati mereka, dan apabila dibacakan kepada mereka ayat-ayat-Nya bertambahlah iman mereka [karenanya] dan kepada Tuhanlah mereka bertawakkal, (2) [yaitu] orang-orang yang mendirikan shalat dan yang menafkahkan sebagian dari rezki yang Kami berikan kepada mereka."

Baca juga : Manfaat dan Keutamaan Shalat Tahajud

Dari ayat di atas, dijelaskan oleh Beliau bahwa ciri-ciri orang beriman berdasarkan ayat di atas adalah sebagai berikut:

1. Merasa Takut Kepada Allah
Hati yang bergetar ketika disebutkan nama Allah adalah bentuk dari ketakutan seorang muslim kepada Allah. Takut atas keagungan Allah SWT. Meyakini bahwa hanya Allah saja yang kelak akan bisa memberikan keselamatan di akhirat. Dengan rasa takut ini iman seseorang akan terjaga dan meningkat.

2. Imannya Akan Bertambah Ketika Mendengar Al-Quran Dibacakan
Hal ini menjadi bukti keimanan seseorang ketika Al Qur’an dibaca baik oleh dirinya ataupun orang lain, ia dapat mengambil manfaat dengan bertambahnya rasa iman. Dengan mendengar dan mentadaburi Al-Quran seseorang akan merasa dekat dengan Allah sehingga imannya naik.

Baca juga : Keutamaan Sholat Sunah Sebelum Shubuh, Sangat Luar Biasa Manfaaatnya

3. Tawakal Hanya Kepada Allah
Sebagai orang beriman, kita harus menyandarkan segala urusan hanya kepada Allah sebab hanya kepada Allah saja kita harus berserah diri. Beroda hanya kepada Allah, meminta hanya kepada Allah dan bukan mahluk lainnya. Karena orang beriman itu yakin bahwa tidak akan terwujud suatu hal kecuali atas kehendak Allah. Jika Allah berkehendak terjadi, maka terjadilah. Dan jika Allah tidak berkehendak,maka tidak akan terjadi.

4. Menjalakan Shalat
Mendirikan shalat adalah bukti keimanan seseorang. Di samping karena memang shalat adalah tiangnya agama. Kalau ia menegakkan shalatnya, sama dengan ia menegakkan agamanya. Sebaliknya manakala ia meruntuhkannya, tidak memperhatikannya, mengabaikannya, sama juga dengan meruntuhkan, tidak memperhatikan dan mengabaikan agamanya sendiri.

5. Berinfak
Seorang dikatakan beriman ketika ia menginfakkan hartanya di jalan Allah. Sebagaimana yang dilakukan oleh Abu Bakar radhiyallahu ‘anhu, beliau menginfakkan seluruh hartanya di jalan Allah. Namun ada catatan penting, ketika ada yang memiliki kebutuhan mendesak, baik dari keluarga maupun orang lain, maka tidak sepatutnya menginfakkan seluruh hartanya.

Baca juga : Tata Cara dan Keutamaan Sholat Dhuha

Itulah ciri-ciri orang beriman dalam surat Al-Anfal ayat ke 2-3. Semoga kita termasuk orang-orang yang beriman dan memiliki ciri-ciri seperti yang sudah dijelakskan di atas. Salam membaca dan salam inspirasi!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Ciri - Ciri Orang Beriman Menurut Al - Qur'an"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah 1

Loading...
Loading...