Loading...

Ketahui Sejak Dini, Inilah Penyebab dan Ciri - Ciri Penyakit Kanker !

Kanker adalah salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh semua orang. ketika penyakit kanker berlanjut sampai stadium akhir maka itu akan sulit disembuhkan. Terkadang bagi orang awam gejala dan ciri-ciri penyakit kanker sulit diketahui. Nah, berikut adalah penyebab beserta ciri-ciri awal penyakit kanker.



1. Perubahan Pada Kulit
Orang yang terkena kanker kulit dapat ditandai dengan adanya perubahan pada ukuran, warna, dan bentuk tahi lalat atau permukaan kulit lain. Perubahan-perubahan tersebut dapat berupa, pertumbuhan rambut yang berlebihan, kulit dan mata berubah kekuningan, gatal gatal pada kulit atau tahi lalat, kulit memar tanpa sebab yang jelas.

Benjolan pada kulit yang tidak kunjung hilang juga harus kita waspadai. Perubahan pada kelenjar getah bening yang sering ditandai dengan adanya benjolan sebenarnya adalah hal yang umum saat terjadi infeksi. Tetapi perubahan ini sayangnya juga dapat menjadi indikasi adanya limfoma ataupun leukemia.

2. Perubahan Pada Payudara
Perubahan pada tubuh ini tidak hanya terjadi pada wanita, tapi juga dapat terjadi pada payudara pria. Sekitar satu persen kanker payudara juga dapat terjadi pada pria dengan gejala yang serupa, yaitu dimulai dengan adanya benjolan pada payudara. Selain itu, gejala lain yang mungkin timbul seperti, puting yang melesak dan adanya cairan yang keluar dari puting.

Baca juga : Cara Menurunkan Kadar Gula dan Menurunkan Berat badan Pada Nasi Putih.

3. Berat Badan Turun Secara Drastis
Penurunan berat badan hingga 4,5 kilogram atau lebih dalam waktu singkat tanpa sebab yang jelas dapat menjadi salah satu pertanda yang patut kita waspadai. Kanker pankreas, kanker perut, dan kanker paru-paru timbul dengan gejala awal berupa penurunan berat badan secara drastis tanpa usaha apa pun.

4. Perubahan pada Mulut
Kanker mulut yang sering terjadi pada perokok ditandai dengan adanya bercak kemerahan cerah di dalam mulut dan lidah. Dapat pula bercak yang berwarna putih. Kondisi ini disebut leukoplakia, yaitu masa prakanker yang disebabkan oleh iritasi berulang kali. Umumnya disebabkan oleh merokok, terutama perokok tembakau yang menggunakan pipa.

5. Gangguan Buang Air Besar
Berbagai perubahan yang terjadi seputar buang air dapat menjadi pertanda adanya penyakit yang lebih serius. Mengompol atau hasrat buang air kecil yang tidak dapat dikendalikan dan air kencing yang susah keluar dapat menjadi gejala-gejala kanker prostat. Adanya darah pada tinja dapat menjadi gejala hemoroid atau bahkan kanker usus. Sementara kencing darah bisa jadi gejala kanker ginjal atau kandung kemih. Diare dan konstipasi berkepanjangan juga wajib diperiksakan ke dokter.

6. Rasa Sakit pada Bagian Tubuh Tertentu
Nyeri yang dirasakan dapat menjadi pertanda bahwa kanker sudah menyebar ke bagian lain pada tubuh. Sakit kepala yang terjadi secara terus-menerus dapat menjadi salah satu gejala awal tumor otak. Sedangkan nyeri punggung dapat menjadi gejala kanker ovarium, kanker usus, ataupun kanker dubur. Nyeri sendi atau otot yang tidak kunjung hilang juga perlu diwaspadai.

Baca juga : Mandi Pada Waktu ini, Dapat Menyebabkan Kematian Mendadak!

7. Kelelahan yang Tidak Kunjung Reda
Selalu merasa lelah meski sudah beristirahat secukupnya dapat menjadi gejala kanker, terutama jika disertai gejala lain, seperti darah pada tinja. Kelelahan ini dapat menjadi tanda bahwa kanker sedang berkembang.

Semoga artikel ini bermanfaat.

Sumber: alodokter.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Ketahui Sejak Dini, Inilah Penyebab dan Ciri - Ciri Penyakit Kanker !"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah 1

Loading...
Loading...