Loading...

Doa, Senjata Ampuh Untuk Semua Masalah Dalam Kehidupan

Dalam istilah syariat, ada doa macam doa, yakni doa sebagai permintaan kepada Allah dan doa sebagai bentuk ibadah kepada Allah. Dalam surat Al Baqarah ayat 186, Allah berfirman agar kita hamba-Nya selalu berdoa kepada-Nya. Sementara bagi mereka yang enggan berdoa, maka Allah akan murka kepadanya. Doa merupaka bentuk penghambaan dan ketergantungan kita kepada Allah. Dan bahwasanya kita meyakini dan beriman kepada-Nya. Enggan berdoa menunjukkan kesombongan dan merasa diri tak membutuhkan Allah. Sementara Allah sangat membenci hamba-Nya yang sombong.



Doa tidak hanya dilakukan saat kita membutuhkan atau merasa membutuhkan sesuatu. Doa bisa dilakukan kapan saja. Tetapi tetap ada waktu – waktu dimana doa lebih mustajab dan tentunya tata cara berdoa yang baik sesuai tuntunan Islam agar doa kita diperkenankan oleh Allah.

Waktu – waktu mustajab untuk berdoa diantaranya saat sepertiga malam terakhir, ketika berbuka puasa, pada malam lailatul qadr, saat azan berkumandang, antara azan dan iqamah, ketika sedang sujud dalam sholat, sebelum salam pada shalat wajib, hari Jumat, ketika turun huja, hari Arafah, ketika perang berkecamuk dan ketika minum air zam zam.

Baca juga : Manfaat dan Keutamaan Shalat Tahajud

Sementara tata cara berdoa yang dicontohkan kepada kita adalah dengan menghadap kiblat, bersungguh – sungguh mengangkat tangan, memuji Allah dan bershalawat kepada Rasulullah, membaca doa dengan menghadirkan hati, bukannya sambil memikirkan hal yang lain atau doa hanya di lisan saja.

Doa memiliki banyak keutamaan diantaranya sebagai bentuk penghambaan kepada Allah, penjadi penyebab tertolaknya bencana, menjadi sebab turunnya pertolongan Allah, tanda kepasrahan diri, tanda keimanan diri, terhindar dari murka Allah dan tak ada doa yang sia – sia.

Oleh karena itu, jangan pernah enggan untuk selalu berdoa, terutama di waktu – waktu yang mustajab. Kita tak pernah tahu bagaimana doa akan merubah nasib kita, mendatangkan pertolongan Allah dalam kehidupan dan berbagai keutamaan lainnya.

Seberat apapun masalah dalam kehidupan, doa adalah jawaban dan senjata ampuh untuk mengatasinya. Karena solusi terbaik datangnya dari Allah. Kita tinggal meyakini dan mengikuti semua perintah dan menjauhi larangan-Nya. Dan pastikan untuk menjauhi penyebab tertolaknya doa yakni masih memakan harta yang haram dan riba, masih melakukan kesyirikan, menggunakan cara – cara berdoa yang tidak disukai Allah hingga tergesa – gesa dalam berdoa.

Baca juga : Keutamaan Sholat Sunah Sebelum Shubuh, Sangat Luar Biasa Manfaaatnya

Semoga kita termasuk hamba-Nya yang selalu memanjatkan doa dengan sepenuh hati dan diridhai oleh-Nya.

Sumber :
bincangsyariah.com
dream.co.id
rumaysho.com
muslim.or.id
m.hidayatullah.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Doa, Senjata Ampuh Untuk Semua Masalah Dalam Kehidupan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah 1

Loading...
Loading...