Loading...

Inilah 2 Bagian Tubuh Yang Banyak Membuat Manusia Masuk Neraka, Astaghfirullah !

Dalam salah satu ceramahnya di kanal Youtube Nasehat Sunah (23 November 2017), Ustadz Khalid Basalamah menjelaskan tentang 2 anggota tubuh yang paling banyak membuat seseorang masuk ke dalam neraka. Dua bagian tubuh ini harus benar-benar dijaga agar selamat dari Jahanam.




Dalam ceramahnya, Beliau berkisah bahwa suatu hari Nabi Muhammad bertanya kepada para sahabat, "Apakah kalian tahu perbuatan yang akan membawa manusia ke dalam surga?" Para sahabat menjawab, "Hanya Allah dan Rasulnya yang tahu."

Nabi Muhammad pun menjawab, "“Takwa kepada Allah dan akhlak yang baik."
Lalu Nabi Muhammad kembali bertanya, "Apakah kalian tahu perbuatan yang akan membawa manusia ke dalam neraka?" Para sahabat menjawab, "Hanya Allah dan Rasulnya yang tahu."
Nabi Muhammad pun menjawab, "Perkara yang disebabkan karena mulut dan kemaluan.”

Hal di atas senada dengan Hadist Nabi berikut ini: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ditanya mengenai perkara yang banyak memasukkan seseorang ke dalam surga, beliau menjawab, “Takwa kepada Allah dan berakhlak yang baik.” Beliau ditanya pula mengenai perkara yang banyak memasukkan orang dalam neraka, jawab beliau, “Perkara yang disebabkan karena mulut dan kemaluan.” (HR. Tirmidzi no. 2004 dan Ibnu Majah no. 4246)

Baca juga : Sudah Miskin Masuk Neraka Pula. Padahal Selalu Rajin Ibadahnya, Ternyata Ini Penyebabnya !

Ya. Mulut dan kemaluan adalah dua hal yang paling banyak membuat manusia ke dalam api neraka. Seorang muslim hendaknya menjaga lisannya agar berkata yang baik saja, agar tidak menyebarkan dusta, agar tidak memfitnah, agar tidak saling mencaci dan mencela, tidak menyebarkan aib orang dan lain sebagainya. Begitu banyak dosa yang bisa dihasilkan lewat lisan.

Selain lisan, kemaluan adalah hal kedua yang banyak membuat manusia masuk ke neraka. Bukankah zina adalah salah satu dosa besar yang sangat dibenci Allah. Oleh sebab itulah menjaga lisan dan kemaluan seharusnya menjadi point penting bagi muslim. Semoga kita termasuk orang yang mampu menjaga kedua bagian tersebut. Aamiin. Salam membaca!

Sumber : youtube.com/watch?v=nR1twTvVQaY

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Inilah 2 Bagian Tubuh Yang Banyak Membuat Manusia Masuk Neraka, Astaghfirullah !"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah 1

Loading...
Loading...