Loading...

Menggetarkan, Kisah Ini Membuktikan Bahwa Kesabaran Adalah Sikap Terbaik Untuk Menghadapi Ujian

Kata sabar berasal dari bahasa Arab, as-shabru yang berarti menahan diri dari keluh kesah. Lebih lanjut lagi, kata sabar dalam Kamus Al-Quran aw Ishlah al-Wujuh wa an-Nadlair fi Al-Quran Al-Karim memiliki lima makna yakni menahan diri, berani, ketabahan, ridha dan sabar yang bermakna sabar itu sendiri. Seorang Muslim hendaknya selalu memiliki sikap ini dalam berbagai kondisi karena sabar memiliki keutamaan yang begitu besar diantaranya ganjaran pahala tanpa batas, mendapatkan kebersamaan bersama Allah, kunci kebaikan dan akan dicintai oleh Allah.



Kisah kesabaran Nabi Ayyub adalah kisah teladan tentang bagaimana kesabaran akan membawa pelakunya kepada kebaikan yang hakiki. Nabi Ayyub berasal dari Rum (Romawi). Mulanya Nabi Ayyub diberi karunia berupa harta yang melimpah berupa hewan – hewan ternak dan tanah yang sangat luas. Juga keluarga yang lengkap. Nabi Ayyub merupakan seseorang yang baik, gemar bersedekah, menyayangi orang miskin, selalu bersyukur atas nikmat Allah dan bertakwa kepada Allah.

Baca juga : Kisah Inspiratif Tentang Kejujuran Yang Membawa Berkah

Hingga Nabi Ayyub kemudian diuji dengan penyakit kulit yang membuat orang – orang menjauhinya, termasuk anak – anaknya. Harta bendanya pun habis semuanya. Tetapi Nabi Ayyub terus bersabar dan senantiasa berzikir dan mengingat Allah. Kesabaran Nabi Ayyub tak berkurang sedikitpun. Suatu ketika istrinya bertanya kepadanya, mengapa Nabi Ayyub tak meminta saja agar Allah menghapus ujian terhadapnya. Nabi Ayyub menjawab bahwasanya kenikmatan yang diberikan kepadanya begitu banyak hingga ia berusia 70 tahun dan cobaan yang diberikan belum sebanding dengan kenikmatan tersebut dan beliau akan terus bersabar sepanjang masa kenikmatan yang diperolehnya.

Baca juga : Kisah Jenazah Wanita yang Wangi Setelah Meninggal Sambil Memeluk Al-Qur’an

Akhirnya Allah mengembalikan semua yang pernah diberikan kepada Nabi Ayyub dan melipatgandakan kenikmatan tersebut. Demikianlah balasan Allah bagi Nabi Ayyub. Memperoleh kenikmatan di dunia sebelum mendapat kebaikan di akhirat kelak.

Mungkin tidak akan mudah untuk terus bersabar saat ujian menimpa. Waktu akan terasa sangat panjang dan seolah ujian tak akan pernah berakhir. Tetapi keyakinan dan iman terhadap Allah akan membuat kita mampu untuk melakukannya. Dan ingatlah bahwa sabar akan mendatangkan kebaikan dan keutamaan yang sangat luas bagi kita yang berhasil melakukannya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Menggetarkan, Kisah Ini Membuktikan Bahwa Kesabaran Adalah Sikap Terbaik Untuk Menghadapi Ujian"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah 1

Loading...
Loading...